Benda-benda Keramat Sebagai Kepercayaan

Kita mungkin pernah melihat begitu banyak keris atau benda-benda pusaka atau keramat lainnya yang dimiliki tetangga kita. Atau mungkin kita melihat benda-benda aneh dan seram yang dimiliki seseorang, khususnya seseorang yang dipercaya memiliki ilmu yang bisa menembus alam ghaib seperti dukun, paranormal bahkan kiyai. Mereka dipercaya memiliki kemampuan yang lebih melebihi manusia pada umumnya.

Hal itu disebabkan karena mereka telah melewati beberapa tahapan yang menjadi syarat wajib untuk membuka tabir antara dunia manusia dan dunia ghaib. Namun, perlu kita garis bawahi bahwa dalam memahi kemampuan atau ilmu seperti ini ada dua jenis yaitu ilmu yang baik yang melandaskan ayat-ayat suci Al-Quran dan serentetan puasa, tidak melakukan maksiat dan hal-hal keduniaan yang dapat menghilangkan itu. Dan ada pula yang melandaskan pada ayat-ayat setan, menginjak-injak Al-Quran agar bisa memperoleh kemampuan tersebut seperti yang dilakukan seorang dukun atau pencari ilmu dengan kesesatan.

Dalam kehidupan kita sudah barang pasti mengenal yang namanya jenglot. Jenglot adalah salah satu jenis makhluk ghaib yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil seukuran telapak tangan manusia. Jenglot memiliki taring dan rambut yang panjang. Makanan jenglot adalah darah dan setiap malam-malam tertentu dia akan dimandikan dengan ritual lengkap. Selain jenglot, keris juga dipercaya mempunyai kekuatan mistis didalamnya.

Keris seperti ini biasanya juga akan dipergunakan pemiliknya untuk beberapa keperluan, seperti penjaga pemiliknya dari gangguan orang, pesugihan, menampakkan wibawa pemiliknya dan sebagainya. Kesimpulannya, jenglot maupun keris dan benda-benda mistis lainnya dipercaya mampu memberikan perlindungan, keselamatan, pesugihan dan lain sebagainya. Akan tetapi kita sebagai manusia yang beriman harus tidak mempercayai itu. Karena semua rizki, keselamatan, perlindungan hanya Allah SWT semuanya berasal.

One Response

  1. fakhry says:

    kalau menurut saya menggunakan keris atau benda keeramat lainnya tidak masalah selama ia meyakini semua kekuatan yang ada di benda keramat itu adalah berasal dari Allah,dan apabila berhasil ia menggunakan keris jangan punya i’tiqad bahwa keberhasilan itu dari keris/benda keramat,tapi itu dari kekuasaan Allah,
    ini sama aja dengan dokter mengobati dengan obat ,kalau ia meyakini bahwa yang menyembuhkan itu adalah obat atau dokter berarti ia telah berbuat musrik.

Leave a Reply

Hantu Hantu

Dunia dan cerita hantu hantu, dari video dan penampakan hantu hingga informasi seputar setan dan kisah-kisah penampakan setan serta cerita misteri.